Wednesday, June 19, 2013

God's gift: BDP BCA :D --UPDATED!

Thank God, finally :)

Setelah beberapa bulan ikut proses BDP BCA, akhirnya hari ini dapet kabar kalo gue lolos medical check-up. Jadi sekarang tinggal nunggu sampe akhir September, end of contract gue sebagai temporary staff di Kalbe Nutritionals (KN), dan sign contract di BCA buat batch 37 :)

Fyi, sekarang gue kerja di KN jadi staff di Consumer Insight tapi only as temporary staff. Kebetulan ada karyawan yang lagi cuti hamil, jadi mereka cari replacement buat 5 bulan. Sebenarnya pas itu banyak juga yg offering, RPX/FedEx sbg Management Trainee, Asuransi Sinarmas sbg MDP (trainee juga), Wirecard sbg Account Executive, dan beberapa lainnya. Tapi karna beberapa pertimbangan (mostly karena jarak dari rumah ke tempat kerja), akhirnya gue terima tawaran di KN ini.

Hampir 2 bulan disini, gue so far seneng dengan lingkungan kerjanya :) orangnya asik2, friendly dan feels like home lah. Hehe. Budaya kerja cukup cepet pace nya, kadang kalau lagi banyak job bisa overtime sampe jam 8 malem, kadang kalau lagi kosong bisa teng-go juga hehehe. Kalau overtime juga ya capek sih iya, tapi setimpal sama pengetahuan dan pengalaman yang didapat. Banyak banget pengetahuan dan pengalaman yang gue dapet disini, mulai dari gimana caranya bersikap sama yang lebih tua (fyi gue paling muda di kantor, rata2 25-35 hahah), menempatkan diri sebagai bawahan yg harus banyak belajar, ketemu orang banyak, etc. Karna kerja di KN juga gue pertama kalinya ke Malang (ada trip kerja) dan banyak hal-hal "pertama kali" lainnya yang gue dapet selama 2 bulan disini. Totally worth my time & efforts :)

Sayangnya karna gue temporary disini, gue harus cari kerja lain supaya safe. Waktu udah sign di KN (sekitar April), gue turn down semua offering dan undangan proses seleksi di perusahaan lain utk menunjukkan dedikasi gue disini. Walopun gue cuma kerja sementara, gue mau tunjukkin komitmen dan jangan sampe almamater gue di cap jelek cuma karna gue sering ijin interview dan terkesan gak betah, mirip kutu loncat. Gue menghindari di cap hal semacam itu.

Gue turn down semua offering dan invitation karna mereka butuh gue cepet masuk, tapi ada 1 proses yang tetep gue ikutin, yaitu BDP BCA. Denger2 proses utk BDP BCA ini lumayan lama, jadi gue mikirnya yaa selama gue 5 bulan disini, gue sambil ikut proses seleksi, dan sukur2 dapet, jadi pas kelar di KN gue bisa langsung masuk BCA.

Jadi gue ceritain aja ya proses gue ikut BDP :)

Awalnya gue iseng apply di jobstreet tgl 19 Maret. Pas itu masih belom tau BDP ini kayak gimana, dan lumayan kaget pas liat yang apply di jobstreet ada 15ribuan orang. Dalem hati gue, ini kerjaan apaan ya kok segini banyak yang apply? Hahaha. Trus beberapa hari kemudian gue terima sms undangan utk ikut psikotest tanggal 26 Maret 2013. Beberapa orang bilang apply dr jobstreet gak bakal diliat, ternyata gak juga kok. Buktinya gue cuma berjarak beberapa hari dari submit CV di jobstreet sampe dipanggil psikotest. Tapi kalo mau pasti sih emang better drop CV di Wisma Asia sih.

Berikut proses2nya.

1. Psikotest tahap 1 dan 2 (26 Maret 2013)
Psikotest ini terdiri dari 2 tahap, gue domisili Jakarta jadi ikutnya yang di Wisma Asia 1 lantai 21. Tahap pertama semacam tes IQ, tahap kedua ada penjumlahan deret dan tes kepribadian. Pas gue ikut, di awal kurang lebih ada 60an orang. Setelah makan siang, ditempellah pengumuman yang bikin deg2an di papan pengumuman, isinya kurang lebih ada 20-30an orang yang lolos ke tahap 2. Karna badan gue kecil, mengalahlah gue sama yang lain yang udah pada rame2 desek2an di depan tu papan. Pas sepi baru gue maju, dan thank God nama gue ada :) syok sekaligus seneng, karna gue ga expect bakal lolos mengingat pas nunggu dan lunch gue sempet ngobrol2 sama beberapa peserta dan kesemuanya orang2 pinter, lulusan univ negri, cumlaude dll. Sekitar jam 1an tes dimulai lagi utk tahap 2. Setelah tahap 2, kita disuruh tunggu sekitar setengah jam buat pengumuman yang lolos ke tahap selanjutnya (interview psikolog). Yang lolos ada 15an orang termasuk gue.

2. Interview Psikolog (27 Maret 2013)
Ini juga masih di Wisma Asia 1 lt. 21, interviewnya sama ibu2 dari lembaga yang di hire BCA. Psikolog yang meng-interview gue kebetulan pas itu agak jutek, dan gue rada kaget karna biasanya interview psikolog itu interviewernya baik2 dan ramah. Hahahah *stereotyping*. Gue uda pesimis aja karna kayaknya itu mbaknya sensi sama gue dan kayak mendesak2 gue gitu. Interview ini sekitar 30 menitan. Oh ya pas ini juga ditanya, jurusan BDP apa yang diincer. Gue jawab AO atau RO.


3. FGD (24 April 2013)
Gue dapet kabar lolos buat FGD itu kalo gak salah sekitar 17 atau 18 April, dijadwalin buat tanggal 19 harusnya. Tapi karna pas itu gue ditelpon gak nyadar dan gue gak angkat, pas gue telp balik katanya gue disuruh ikut yang tanggal 24 aja minggu depannya. Yasudah gue ikut (padahal tanggal 22 nya itu first day gue di KN, untungnya gue punya atasan yang baik banget hehehe). Pas itu FGD nya sekitar 1-2 jam, di hari itu ada 2 kloter, masing2 kloter 8 orang. Buat proses FGD nya, ya pasti udah pada tau juga kan yaa hehehe. Intinya kita diskusiin hot issue saat itu, dimoderatori sama 1 orang ibu2 dari HRD BCA nya. Important things: perkaya wawasan dgn hot issue yang ada saat itu (sebelum FGD), jangan mendominasi, dengerin dengan atentif pas orang lain bicara, kasih kesempatan orang lain bicara, jangan tong kosong (banyak omong dan muter2 tapi gak ada isinya), lihat mata orang lain satu persatu saat bicara atau state pendapat, usahakan pas dikasih kesempatan bicara kita udah tau poin apa yang mau kita sampaikan, jangan mencari2 poin pas lagi state pendapat, dan perhatikan gesture tubuh (jangan over atau lebay) usahakan nada bicara tetap dijaga walaupun ada org yang protes atau menjatuhkan pendapat kita. Lanjut. Dari 8 orang di masing2 kloter yang lolos 2 orang/kloter, jadi total 4 orang utk ikut interview HRD hari itu juga.

4. Interview HRD (24 April 2013)
Sebelum interview HRD, kita disuruh isi form data diri dan pilihan bidang BDP yang mau diambil dlm skala prioritas (gue isi AO dan RO), juga expected salary. Gw diinterview sama ibu2 moderator FGD yang tadi. Interviewnya lebih dalem dari pas sama psikolog, ditanya tentang kerjaan sekarang, keluarga, pengalaman pas kuliah, kenapa mau bidang AO/RO, kenapa sampe jumping ke banking (background gue S1 Kesehatan Masyarakat), dll intinya beliau mau tau kita orangnya seperti apa, kepribadian dan nilai2 yang mempengaruhi kita seperti apa, dan cocok atau engga sama budaya kerjanya BCA. Lumayan lama, sekitar 1 jam an. Btw pas interview HRD gue sempet dibilangin sama ibunya utk proses selanjutnya (interview user) jangan berpenampilan begini lagi hahaha. Pas itu emang gue rada parah sih, cuma pake kemeja, jeans item, flats, cardigan dan rambut rada messy. Sedangkan yang lain rapi2, pake span, blazer, heels, dandan pula.



5. Interview user
Tanggal 26 April (2 hari setelah interview HRD) gue ditelpon buat interview user tanggal 2 Mei. Tapi karna lagi banyak kerjaan dikantor tanggal segitu, gue minta di reschedule. Nunggu semingguan dan ga dikabarin, akhirnya karna penasaran gue telpon ke BCA Learning Center nya. Abis itu gue diinfo kalo gue interview user tanggal 16 Mei jam 3 di Menara BCA Grand Indonesia lt. 26. Dan gue bilang apa adanya ke atasan gue kalo gue mau ijin setelah makan siang utk proses interview BCA, puji Tuhan beliau membolehkan :) Gue plannya kesana naik busway, jalan dr kantor (di Sunter) sekitar jam 1 by transjakarta. Ternyata macet parah, nyampe Kota udah jam 2.30 dan hrs nunggu lagi bus yang ke arah Blok M. Akhirnya gue keluar halte dan naik taksi. Sampe sana 3.30, gue langsung lari masuk, tuker pass visitor, naik lift ke lt. 26. Di ruang tunggu ternyata udah ada 1 cewek yang mau interview user juga, sebutlah A. Dia schedulenya utk 3.30 (gue 3.00). Sekitar 3.45 baru usernya available dan kita dipanggil. Si A sangat baik hati dan mempersilakan gue untuk interview duluan. Interview berlangsung selama 1 jam an, gue diinterview sama user AO ada 2 orang ibu. Yang ditanyain kurang lebih mirip sama pas HRD, tapi ditambah pertanyaan2 tentang kredit dan perbankan (which is gue gak ngerti dan super nge-blank pas jawabnya). Pas user gue gak gitu ngerti tentang perbankan dan kebanyakan nyengar-nyengir dan nyeletuk2 tapi tetep jawab sebisanya. At the end, gue state kalo memang gue jumping dari background kuliah gue dan maybe skrg ga ngerti apa2, tapi gue punya kemauan kuat buat belajar :) btw kita disuruh tulis pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dan di ttd, gue overall gak gitu masalah soal penempatan, toh gue belom married ato punya pacar :p

5. Medical Check-up (31 Mei 2013)
Tanggal 24 Mei gue di call untuk medcheck di Indofood Tower, dan lagi2 gue ijin ke atasan gue setengah hari, kali ini paginya sebelum lunch karna medcheck nya jam 9. Persiapan medcheck seperti biasa puasa sekitar 10-11 jam sebelumnya. Yang dicek ada darah, urin, sama general check-up oleh dokter. Cepet banget, cuma 2 jam an total prosesnya, jadi sebelum lunch gue udah bisa balik ke kantor.

Daan setelah itu gue gak dikabarin lagi. Cewek A yang bareng gue pun engga, tapi dia karna penasaran nelpon BCA nya dan ternyata lolos tapi buat batch 35 (Agustus). Karna gue penasaran juga, hari ini gue telpon buat cek. Ternyata gue lolos! Katanya disuruh ikut batch 35 juga, tapi karna gue udah komit di KN sampe akhir sept, gue state ke BCA kalo gue bisa joinnya batch 37 (Oktober). Mbaknya bilang okay dan nanti gue akan diinfo lagi utk sign contract utk batch 37 :) fiuhh, lega banget!

Worth banget sama proses yang udah dilewatin, dan gue berharap banget bisa belajar banyak dari program BDP ini. Sekarang yang penting tetep harus dedicated sama KN, kerja semaksimal mungkin, belajar sebanyak mungkin, dan prepare utk join ke BCA :)

Thank God, You knows best :)




UPDATED on Sept 27th, 2014
Akhirnya LULUS! Yay! Selama 1 tahun training, 4 bulan in-class, 7 bulan OJT di cabang, dan melalui berjuta2kali ujian (oke ini lebay), akhirnya akhirnya gue lulus BDP BCA ini! Proses yang bener-bener totally worth my time, gue belajar banyak banget, baik hard skills sebagai banker maupun soft skills sebagai banker yang punya gak cuma pinter dan profesional, tapi juga punya 'hati' :)

Gue kurang paham program2 training di bank lainnya kayak apa, tapi yang pasti gue bisa bilang training di BCA ini gak main-main punya. Gue yang dari lulusan Kesehatan Masyarakat, dan gak pernah belajar akuntansi, akhirnya bisa lulus dengan nilai yang puji Tuhan bagus, dan bahkan pas penempatan gue diminta balik sama atasan-atasan gue di cabang. Dan akhirnya gue balik ke tempat OJT gue, sesuai harapan!

Anw, kemarin baru aja pengumuman penempatan, dan mostly temen2 gue dapet di luar Jakarta. Ada yang sesuai ekspektasi, ada yang engga. Apapun itu, kita harus tetep semangat at least 2 tahun ke depan ini di tempat masing2 :) btw, entah temen2 gue pada punya blog ga, tapi cuma mau kasih pesan2 aja buat masing2 :)

Oke kita mulai dari yang penempatannya di kantor pusat.

1. Monica Finda a.k.a Finda di GBC (Grup Bisnis Consumer Card), Chase Plaza Jakarta : Hai teman anak Jakarta! Ahaha. Pas pertama kenalan2 di kelas, kita sempet shock gitu ya krn dari 27 org, cuma 3 yg asal dr Jakarta termasuk kita. Selamat kembali ke habitat yaa, sukses! jangan lupa kalo mau self-reward (you know what I mean kekekek~) boleh lah yaaa ajak2 akyu. Hahaha

2. Michael Laurencius a.k.a Mike di GBC juga : Hai anak Cibinong yang suka ngaku2 anak Jakarta! Wkwkwk. Selamat kembali ke habitat jugaa, bantu2 gue yaa nanti kalo mau cek2 data. Jangan lupa plan S2 kitaaa

3. Ignatius Putu a.k.a Ignas di DBKM (Divisi Bisnis Kecil Menengah), Menara BCA GI : Haloo bapak ketua kelas! Cieee sekarang jadi anak KP. Hahaha. Makasi yaa buat semuanya, bantuan pas belajar akun, nasehat kalo pas aku emosi, anter-jemput kantor-rumah, dan banyak lainnyaaa. Haha. Maaf selama ini aku agak magabut jd wakil ketua kelasnya wkwk. Sukses ya di tempat yang baru, kamu pasti bs adaptasi, semangat semangatt semoga suka dan cocok sm kerjaannya ya haha

4. Agustinus Setiawan a.k.a Agus di SKIMS (Satuan Kerja Individual Marketing Support), Menara BCA GI : Agus, or should I call you Awan? Hahaha. Anw, sukses ya gus, jangan lupa makan nanti tinggal tulang pula itu badan (sekarang pun udah tinggal tulang sih). Cepet dapet jodoh biar ada yg meratiin. Wkwk

5. William Wijaya a.k.a WeWe di ARK (Analisa Risiko Kredit), Medan : Selamat yaa We balik ke Medan! Makasi ya udah jadi dosen kita bersama pas kelas2 akun yg menyusahkan itu. Sukses wewe! Smoga cepet dapet pacarrrrr haha

6. Benedikta Hastika a.k.a Tika di ARK, Surabaya : Congrats Tikaaa! Ya walopun di Surabaya, at least masih di Jawa ya, sesuai ekspektasi kamu :) Cieee yg skrg rajin selfie.. Hahaha. Betah2 ya 3 bulan di Jakarta, nanti kalo aku ke Surabaya tolong diajak main. Hahaha. Cheers!

Sekian yg anak KP. Sekarang sisanya AO 17 org hahaha

7. Bagus Sudowo a.k.a Bagus di KCU Magelang : Mas Dowo! HAHAHA. Selamat yaa dapet tempat yg sesuai harapan kamu! Langgeng2 sama Evi, cepet merit, cepet punya anak hahaha. Jangan bandel2 *eh* hahahah. Makasi buat semuanya ya, temen OJT 2! Sukses!

8. Budi Rahmat a.k.a. Budi di KCU Cirebon : Cieee anak g4uL CiReb0nZZ! Gyahahaha. Semoga makin gahuLzzz ya disana, gue menunggu nama BBm lo berubah jadi 'Bud1 R4hM47' huahahahah. Sukses LDR-an nya, nanti kalo gue main sana tolong diajak gahulss juga yaa! Jagain Dena yaa Bud, sukses!

9. Dena Suherlina a.k.a Dena di KCU Cirebon : Cieee yang akan segera menjadi anak g4uL CiReb0nZZ! Hahahaha. Salut banget sama Dena yg walopun melan tapi sangat strong dan bs kontrol feelingnya :) Dadah teman sekamar Starcamp, teman setenda Jungle, dan teman seperbelanjaan! Hahaha. Nanti kita belanja belanji bareng lagi yaa. Smoga cepet merit ama akang Lugas, tp anaknya jangan dibawa wisuda loh haha. Sukses De!

10. Hilman di KCU Tegal : To be honest pas mau penempatan mungkin lo yg paling bingung. Orang Medan, kuliah di Jogja, pernah tinggal di Jakarta, seleksi di Semarang. Hmmm. Haha anw, penempatan di Tegal pasti yg terbaik buat lo :) Semangat ya! Cheers!

11. Ilda Mulyati a.k.a Ilda di KCU Padang : Congrats dulu nih sebelumnya buat lulusan terbaik BDP 37! You deserve it! Kagum sama Ilda krn pinter pake banget dan rajin pake banget :D hahaha. Beda sama aku yg pemalas ini. Sukses ya Da, akhirnya balik Padang ya. Hehe. Sukses LDR-an nya juga :)

12. Lukman Arief Siregar a.k.a Lukman di KCU Bukittinggi : Hai Lukmennnn! Selamat yaa, lo pasti bisa menggoyang dan menghentak Bukittinggi! Hahaha. Jangan kebanyakan haha-hehe, dan jangan lupa perhatiin Adek Sekar. Heheh. LDR-an deh, tapi pasti bisa laaah Lukmen mah. Semangat! Cheers!

--To be continued


Maap belom semua yak, cape mikir. Huahahah


9 comments:

Unknown said...

hey salam kenal yah, kamu anak kesmas ui yah angkatan berapa?

Christabel Caroline Franswijaya said...

@windalatte halo, salam kenal juga :) iya aku kesmas UI 2009

dayu said...

mbk chris,, itu klo ktrima bdp bca,, kuliahnya dijakarta
bca pusat yaa??

Christabel Caroline Franswijaya said...

iya in-class training di jakarta (wisma asia slipi), kurang lebih 1 tahun. abis itu penempatan sesuai sama daerah asal masing2 :)

Unknown said...

Emg penempatan sesuai daerah msg2 ka ? Kalo credit analyst itu penempatannya dimana ya ka ?

Anonymous said...

Hha mbak aku besok test fgd . Mohon doanya ^^ btw ignatius sama bagus temen gw juga lo..

Unknown said...

Halo ka salam kenal, aku thasya dr kesmas ui jg angkatan 2011. Semangat bgt baca blognya :) karna aku jg lagi cari kerjaan ka baru lulus februari kmrn. Aku apply di asuransi ACA bagian PIP nya, udh sampai tahap interview. Prospeknya gmn ya ka? Makasih sblmnya :)

mimin said...

Misi kak, mau nanya. Jumat 2 minggu yg lalu saya dipanggil MCU. Tapi ampe skrng belom dipanggil" lagi sama indofoodnya..memang panggilannya agak lama ya? Makasi

mimin said...

Misi kak, mau nanya. Jumat 2 minggu yg lalu saya dipanggil MCU. Tapi ampe skrng belom dipanggil" lagi sama indofoodnya..memang panggilannya agak lama ya? Makasi

Post a Comment

leave a comment

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com